Laman

Selasa, 10 Agustus 2010

actinomycetes

Actinomycetes adalah mikroorganisme yang memiliki hifa seperti fungi dan memiliki inti prokariotik seperti bakteri, karena actinomycetes merupakan bentuk peralihan antara bakteri dan fungi. Oleh karena itu lingkungan yang menjadi habitat bagi bakteri dan fungi merupakan tempat yang layak bagi actinomycetes untuk tumbuh dan berkembang. Salah satu lingkungan itu adalah sponge, karena tubuh sponge yang berpori memungkinkan actinomycetes terbawa air masuk dan melekat di dalam tubuh sponge. Actinomycetes dalam tubuh sponge berperan sebagai flora normal yang selalu berusaha mempertahankan mikrohabitatnya dengan menghasilkan senyawa metabolit sekunder berupa antibiotik.
Oleh karena itu penelitian dilakukan dengan tujuan mendapatkan isolat actinomycetes dari sponge asal perairan pulau Lelangga dan mengetahui kemampuan isolate actinomycetes itu dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus sp.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Agustus 2004 di Laboratorium Mikrobiologi FMIPA UNILA. Penelitian diawali dengan mengisolasi actinomycetes dari sponge asal perairan pulau Lelangga dan dilanjutkan dengan uji antibiosis isolat actinomycetes terhadap bakteri Streptococcus sp. Kemampuan isolat actinomycetes dalam menghambat Streptococcus sp ditunjukkan oleh jumlah bakteri yang tumbuh.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua belas isolat actinomycetes dari sponge asal perairan pulau Lelangga tetapi hanya delapan isolat actinomycetes yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus sp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar